Halaman Enim Net 51 Tips dunia Maya

Other cool stuff

Ayo Gabung di PASAR KAGET! Pasang Iklanmu, Gratis lho...
pasarkaget online

Rabu, 23 Februari 2011

Hal-hal dalam menangani Komentar Negatif atau bohong pada Media Sosial

Bagaimana kita menangani komentar negatif atau yang langsung terletak pada suatu posting pada platform web  sosial? Hal ini menjadi perhatian yang lebih besar dan seharusnya diperhatikan lebih besar lagi dan akar masalah adalah bahwa media sosial tidak bisa benar-benar mengendalikan hal ini.

Pertahanan terbaik kita dari pelanggaran ini adalah dengan  Menyediakan informasi perusahaan yang konsisten dan tetap terlibat dengan komunitasmu untuk membangun dan mempertahankan loyalitas bahkan ketika sedang diserang.

Tapi apa yang terjadi ketika merek dagang  Kamu ditargetkan dari pesaing, kelompok politik atau lingkungan dan dampak negatif mulai mempengaruhi  hidup mereka ?

Aturan pertama adalah tetap tenang! Jangan langsung menjawab, jangan mencoba untuk menghentikan diskusi!.

Membaca semua komentar dan meluangkan waktu yang diperlukan untuk benar-benar memahami persoalan atau isu yang diangkat. Penelitian dalam dan di luar perusahaanmu dan mengumpulkan fakta, informasi yang akurat tentang situasi yang sebenarnya. Kejujuran dan akurasi adalah senjata terbaik mu.

Setelah Kamu memiliki semua fakta penting dan harus transparan. Jangan membela merek dagang Kamu, tetapi  jangan menawarkan hingga hal yang akurat, informasi faktual bagi mereka yang ingin belajar lebih banyak. Kamu mungkin ingin membuat halaman khusus pada situs Kamu yang berisi informasi faktual dan link ke dokumen lain atau informasi publik termasuk peringkat bisnis yang lebih baik, panduan perusahaan untuk melakukan bisnis, etika praktek laporan, dll catatan keuangan publik tentang perusahaan Kamu yang akan mendapatkan fakta yang sesungguhnya.

Jika Kamu menemukan ada kebenaran parsial yang terkandung,  dalam mengakui kesalahan terletak pada bagian dari merek Kamu. Tekankan bahwa perusahaan ingin menjadi responsif terhadap keprihatinan masyarakat  dan serius. Mengikuti dengan langkah-langkah apa perusahaan-mu adalah mengambil dan menangani isu-isu dan memperbaiki keadaan. Beritahu komunitas Kamu informasi tentang kemajuanmu.

Pilihan lain untuk melawan informasi yang salah atau palsu tentang merek Kamu adalah dengan mempertimbangkan menyediakan nomor telepon khusus (hotline) sehingga anggota masyarakat dapat menghubungi  kamu  untuk mendapatkan informasi tambahan.

Tujuan dari langkah-langkah tersebut adalah hanya untuk menyediakan informasi terbuka, informasi faktual dan memungkinkan masyarakat untuk melihat bahwa merek Kamu berkomitmen untuk transparansi pada konstituennya.

Pastikan bahwa reputasi karyawan Kamu yang bertanggung jawab pada media sosial dalam perusahaan Kamu pribadi yang tidak bercela dan profesional. Kamu ingin merek Kamu diwakili oleh orang-orang profesional, etis, jujur dan penuh perhatian.

Siapapun yang tidak naik ke tingkat profesionalisme harus dipindahkan jauh dari kegiatan media sosial atas nama perusahaan.

Selalu mengedepankan "wajah" terbaik Kamu di media sosial. Kamu tidak ingin memberi para pengkritik dengan amunisi yang dapat mereka gunakan terhadapmu.
 
Mengumpulkan pelanggan setia dan penggemar untuk membantu meluruskan. Tahu dan mengembangkan hubungan yang kuat dengan influencer  dan pelangganmu. Biarkan mereka membantu Kamu menyeimbangkan “lapangan bermain” dengan posting komentar positif terkait dan link ke informasi yang membahas fakta-fakta masalah. Jika mereka memiliki pengalaman pribadi yang bertentangan dengan isu yang diangkat dapat mendorong mereka untuk berbagi.

Jika negatif (tinggi) mungkin menjadi saat yang tepat untuk menambahkan testimonial video tambahan ke situs Kamu atau video yang membahas peristiwa yang mempengaruhi perusahaan Kamu. Ini menyediakan cara lain memberikan informasi faktual penyebarluasan kepada masyarakat secara tidak langsung tanpa posting defensif apapun pada platform sosial.

Beberapa hal yang harus Kamu hindari adalah postingan yang muncul yang berpotensi  menjadi defensif - terlepas dari apakah mereka benar atau tidak.

Jangan membuat komentar negatif tentang perusahaan atau orang yang memposting komentar negatif tentang merek Kamu, hal Ini hanya akan lebih memperburuk merek Kamu dan Ini adalah suatu yang non-produktif dan tidak akan diterima dengan baik oleh masyarakat.

Jangan menarik halaman sosial mediamu. Dengan  menggunakan trek status  harian sehingga Kamu dapat memantau komentar dan tetap di atas chatter. Jika sesuatu yang negatif diposting, berurusan dengan cepat (setelah melakukan due diligence) untuk menghindari itu meningkat menjadi sesuatu yang besar.

Semoga Dapat bermanfaat dalam menjalani bisnis online.

1 komentar:

  1. Menurutku, kita nikmati aja apa komentarnya bung... yang jelas mereka sdh memberikan perhatian terhadap postingan blog kita

    BalasHapus

Please Kasih Komentar key ^_^, tapi Jangan Spam Ya