Halaman Enim Net 51 Tips dunia Maya

Other cool stuff

Ayo Gabung di PASAR KAGET! Pasang Iklanmu, Gratis lho...
pasarkaget online

Selasa, 28 Oktober 2014

Apa yang terjadi pada matahari? Sunspot raksasa di permukaan matahari terbesar keenam dalam seminggu


'Sebuah daerah aktif berukuran raksasa di matahari meletus pada 26 Oktober 2014, dengan lontaran material terbesar keenam sejak 19 Oktober', dikutip dari NASA.

Lontaran material matahari (solar flare) ini diklasifikasikan sebagai solar flare kelas-X2 dan mencapai puncaknya pada 06:56 EDT (Eastern Daylight Time).
Ini adalah solar flare kelas-X  ketiga dalam kurun waktu 48 jam, meletus dari daerah aktif terbesar dan dapat terlihat pada matahari dalam 24 tahun terakhir.
Sebelumnya badai rakasa  di permukaan matahari telah melepaskan solar flare ke arah Bumi dan kemungkinan ini bukan yang terakhir.
Sepertinya cuma masalah waktu sebelum ledakan besar lainnya terjadi, kata Spaceweather.com Tony Phillips
Sementara itu di kantor Weather Prediction Center, Christopher Balch, mengatakan solar flare mempengaruhi sinyal radio yang menggunakan bagian dari atmosfer atas. Termasuk beberapa radar tapi tidak semua radar, sistem komunikasi pesawat serta radio amatir

"Flare matahari ini juga dapat merusak satelit dan dapat merugikan keuangan yang sangat besar. Partikel bermuatan juga dapat mengancam penerbangan dengan mengganggu medan magnet bumi, bahkan dapat membuat arus dalam jaringan listrik over load dan melumpuhkan pasokan energi.
Aspek positif, dari sudut pandang estetika, adalah bahwa kejadian ini menciptakan aurora yang indah dipandang mata.
Badai geomagnetik lebih mengganggu pada masa sekarang daripada di masa lalu karena ketergantungan kita r pada sistem teknis yang dapat dipengaruhi oleh arus listrik."

sources : www.dailymail.co.uk

6 komentar:

Please Kasih Komentar key ^_^, tapi Jangan Spam Ya