Halaman Enim Net 51 Tips dunia Maya

Other cool stuff

Ayo Gabung di PASAR KAGET! Pasang Iklanmu, Gratis lho...
pasarkaget online

Kamis, 10 Maret 2011

Sekelumit Bagaimana Mengukur Return on Investment (ROI) Pada Pemasaran Pencarian Lokal

 Return on Investment (ROI)
pemasaran pencarian lokal secara signifikan dapat meningkatkan visibilitas perusahaan Sobat di search engine yang menyiratkan bahwa ia akan mencapai cakupan luas ditingkatkan ke ribuan atau puluhan ribuan orang mencari setiap bulan untuk kata kunci yang terkait dengan bisnis Sobat dan barang dan jasa yang Sobat tawarkan.



Dan jika Sobat menargetkan "optimal" kata kunci, orang-orang dengan tingkat pencarian yang cukup besar namun relatif kecil tingkat persaingannya maka Sobat dapat mengambil alih peringkat teratas dalam hasil mesin pencari untuk berbagai konten:
  • Halaman Web
  • Gambar
  • Video
  • Hasil bisnis lokal

Dengan demikian, Sobat dapat memimpin halaman pertama dari hasil pencarian yang berarti bahwa setiap kata kunci yang Sobat targetkan dapat menyediakan beberapa sumber traffic ke situs Sobat. Dan lebih utama sumber lead, kontak langsung, email dan panggilan telepon, dan pelanggan bagi perusahaan Sobat karena semakin bisnis Sobat muncul di halaman depan hasil pencarian, kesan yang lebih kuat akan terbayang pada mereka yang mencari tersebut...hehehe.

Meskipun biasanya membutuhkan waktu untuk sebuah website/blog untuk diposisikan di bagian atas hasil pencarian Google, pendekatan organik untuk mencapai bagian atas hasil pencarian lokal Google adalah dengan menciptakan atau mengklaim suatu daftar lokal yang ada.

Pada dasarnya, jika Sobat akan menginvestasikan uang atau waktu dalam pemasaran pencarian lokal, Sobat harus mencari jawaban atas tiga pertanyaan ini:

  1. Apa sih ROI saya atau Return on Investment?
  2. Pada titik mana usaha saya = my return (titik impas)?
  3. Apakah sih resikonya?

Sebelum Sobat mulai, Sobat ingin tahu apakah upaya itu akan bernilai waktu dan investasi. Menyisihkan titik impas dan risiko, mari kita pertimbangkan langkah yang harus Sobat ambil untuk meramalkan ROI (Return on Investment) dari upaya pemasaran mesin pencari lokal.

Sobat harus menetapkan tujuan atau harapan untuk kampanye pemasaran Sobat. Apa Sobat ingin capai dari bisnis ini?apakah lebih banyak traffic ke situs Webblog Sobat, kunjungan klien, meningkatkan penjualan? contoh: kita akan menggunakan lalu lintas situs Web.

Untuk benar menilai ROI Sobat harus terlebih dahulu mengukur tahunan rata-rata "nilai" dari seorang pelanggan yang khas/ unik. Untuk setiap industri mungkin akan berbeda namun dapat dihitung. Mempertimbangkan hal berikut; penjualan tahunan, jumlah transaksi dan transaksi rata-rata per klien. Sobat kemudian dapat mengantisipasi nilai setiap transaksi dan dengan demikian dapat menilai pelanggan Sobat.

Berikutnya mempertimbangkan situasi saat ini atau pengukuran baseline. Dengan menggunakan contoh website, volume lalu lintas saat ini, dari angka ini pelanggan menjadi berapa banyak? Dari volume pengunjung ke situs Sobat adalah persentase bahwa Sobat dapat "mengubah"-nya menjadi pelanggan? Ini namanya "faktor konversi".

kemudian untuk memperkirakan atau "ramalan" bagaimana situs Sobat akan tampil SETELAH Sobat membuat perubahan. Berapa banyak tambahan pengunjung Bulanan  yang akan dihasilkan berdasarkan usaha Sobat. Jika Sobat menggunakan kata kunci kampanye berapa banyak pengunjung baru akan diarahkan ke situs Sobat berdasarkan setiap jangka waktu yang ditargetkan. Ini akan memberi Sobat dengan angka yang mewakili traffic pengunjung BARU. Kalikan dengan 12 untuk menghitung besarnya pengaruh tahunan.

Menggunakan angka-angka ini sekarang Sobat sudah dapat menghitung pendapatan tahunan diantisipasi dihasilkan dari kampanye pemasaran Sobat. Hitung "Faktor konversi" lalu lintas baru Sobat dengan mengalikan lalu lintas diantisipasi tsb dengan tingkat konversi Sobat. Kalikan angka ini oleh "nilai" dari pelanggan Sobat dan Sobat akan memiliki menghasilkan nilai proyeksi penjualan yang berhubungan dengan usaha Sobat.

Nah Sekarang sudah sampai pada bagian yang mudah nih...yaitu menghitung biaya kampanye pemasaran Sobat. Berapa banyak yang Sobat keluarkan untuk promosi Sobat? Jangan lupa tidak hanya menyertakan uang langsung (duit kontan maksudnya,, hehehe) yang Sobat habiskan tetapi juga termasuk nilai waktu yg diinvestasikan. Meskipun bukan merupakan beban langsung, itu harus dipertimbangkan karena waktu yang Sobat keluarkan harus dinyatakan "membeli" di tempat lain.

Akhirnya Sobat memiliki semua informasi yang diperlukan untuk menghasilkan ROI atau Return on Investment. Ambil dan perkirakan meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya Sobat. Ini akan memberikan angka keuntungan umum dalam dolar (Rp. juga gak apa2). Ambil keuntungan Sobat tadi dan dibagi oleh biaya kemudian kalikan dengan 100 hasilnya ROI dalam persen(%)

Pada akhirnya, pemasaran pencarian lokal adalah "hadiah yang terus memberi" karena upaya bahwa perusahaan Sobat membuat hari ini tidak akan hanya membayar besok, tetapi juga ke masa depan. Mengingat bahwa masa depan pemasaran bisnis lokal sedang online, mendirikan eksistensi saat ini adalah cara yang paling menguntungkan untuk mengembangkan bisnis Sobat dan menjamin bahwa itu akan terus tumbuh dengan baik di masa depan..... kepanjangan....sampe ngos-ngosan ya hehehe

1 komentar:

Please Kasih Komentar key ^_^, tapi Jangan Spam Ya